Rabu, 13 Juli 2011

bab 1



BAB I
PENDAHULUAN

1.1     Latar Belakang

Penulisan laporan TA (Tugas Akhir) ini merupakan bentuk pertanggung jawaban penulis sebagai mahasiswa AMIK Wahana Mandiri konsentrasi Desain Grafis yang telah mengikuti proses Riset.. Pada pembuatan laporan ini penulis memilih KOFFIEDOELOE sebagai tempat melaksanakan Riset  karena perusahaan  ini  bergerak di bidang Coffe Shop fokus ke spesialis café coffe dan lain sebagainya.

Penulis merasa terpacu untuk membuat alternatif desain yang lebih eksklusif dan nampak elegan untuk perusahaan ini tanpa mengurangi aspek pencitraan (brand) perusahaan tersebut. Oleh karena itu penulis mengambil topik “PERANCANGAN ANIMASI MEDIA PROMOSI BRAND IMAGE PADA CAFÉ KOFFIEDOELOE”.

Animasi mulai dikenal secara luas sejak populernya media televisi yang mampu manyajikan gambar-gambar bergerak hasil rekaman kegiatan dari makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. jika dikomparasikan dengan gambar foto atau lukisan yang diam (tidak bergerak) maka secara umum animasi lebih disukai penonton karena mampu membangkitkan aspek Psikologi. Animasi seiring dengan perkembangan dunia televisi. pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun.

Media promosi ada lah sarana memperkenalkan suatu produk tersebut dengan salah satu media yang di inginkan yaitu salh satunya animasi brand image ini,Brand image adalah salah satu cirri khas suatu perusahaan agar masyarakat luas dapat tahu bahwa dengan adanya brand image ini suatu perusahaan itu dapat di kenal,salah satu contoh dari brand image adalah logo,tipografi,atau maskot/brand image.

1.2     Perumusan Masalah
Dalam perancangan desain animasi brand image  KOFFIEDOELOE, ada beberapa masalah yang dihadapi, yaitu :
1.      Bagaimanakah mendesain suatu  media promosi dengan desain baru yang sesuai dengan keinginan pihak perusahaan KOFFIEDOELOE?
2.      Bagaimanakah bentuk tampilan desain baru media promosi brand image  yang dapat mencerminkan karakteristik perusahaan  KOFFIEDOELOE?

1.3   Ruang Lingkup
Penulisan laporan ini dibatasi hanya mengenai proses perancangan MEDIA PROMOSI BRAND IMAGE  dalam hal ini KOFFIEDOELOE Untuk itu dalam perancangan ini dibuat alternatif desain yang lebih inovatif sebagai referensi desain yang akan digunakan sehingga user mempunyai pilihan desain.



1.4  Tujuan dan Manfaat
1.4.1         Tujuan
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah sbb:
1.      Menganalisis dan Merancang brand image  animasi 2D dalam bentuk maskot  guna untuk memberikan sebuah karakteristik yang unik dan dapat mengkomunikasikan maksud dan pesan dari maskot tersebut.
2.      Mengukur dan menilai tingkat profesionalisme, kemampuan analisis dalam bidang desain grafis yang tengah dijalani oleh penulis.
3.      Menarik Minat dari khalayak sasaran khususnya mahasiswa,  diharapkan pembuatan maskot/brand image dengan format animasi 2D dapat lebih memacu semangat mahasiswa untuk terus mengembangkan kreatifitas di dunia desain dan multimedia serta memberikan nuansa baru bagi dunia animasi 2D di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar